RSS

Harya Sangkuni



Harya Sangkuni , tokoh yang tidak asing bagi kita yang menyukai budaya pewayangan atau yang bergelut dibidang sastra jawa maupun india.Tapi bagi orang awam siapakah sangkuni itu ?

Harya Sangkuni adalah seorang patih dari kerajaan Hastinapura, Ia merupakan paman para Korawa dari pihak ibu. Sangkuni terkenal sebagai tokoh licik yang selalu menghasut para Korawa agar memusuhi Pandawa. Antara lain, ia berhasil merebut Kerajaan Hastina dari tangan para Pandawa melalui sebuah permainan dadu. Sangkuni terkenal karena tipu daya dan kelicikan dalam melakukan sesuatu, kemulusan kata kata dan manisnya rayuan membuat sangkuni mendapatkan segala sesuatu tanpa dia harus berkeringat.

Bukan hanya 1 atau 2 orang yang bisa di hasut oleh sangkuni , tetapi dalam telah memisahkan dataran india menjadi 2 kubu saat perang kurusetha, yang mana hanya masalaah sepele yaitu perebutan kekuasaan antara korawa dan pandhawa, mengambil keuntungan dari kemelut tersebut untuk mendapat keuntungan pribadi. Dalam jiwanya terpatri "biarlah orang lain menderita yang peting saya bahagia." Sehingga jelas terpatrikan jiwa kelicikannya. Dengan mengesampingkan sifat tercela dari sangkuni, diakui sangkuni adalah sosok yang cerdas, jiwa negosiator tertanam dalam dirinya. Kemampuan dalam negosiasi tanpa adanya cela sedikitpun membuat dia berhasil mendapat sekutu serta dukungan dalam setiap langkah yang diambilnya.

Dalam dunia modern ini banyak sekali sangkuni-sangkuni yang ada disekitar kita, mulai dari instansi pemerintah, kawan kerja ataupun saudara , tetapi jika kita bisa memilah apa yang dimiliki sangkuni-sangkuni itu, kita akan melihat suatu anugrah yang sangat besar. Sebuah kekuatan negosiasi, ilmu yang sangat mahal dan langka yang bisa digunakan dalam hal positif (mayoritas yang memiliki bakat seperti ini digunakan sebagai ajang kepuasan pribadi atau membuat keonaran)

Dengan sebuah kemampuan negosiasi yang licin beragam hal dapat diselesaikan tanpa ada cucuran keringan atau darah, dengan negosiasi membuat sesuatu yang tampak mustahil menjadi mungkin dan dengan kekuatan negosiasipun dunia ini bisa kacau balau bahkan dapat menghancurkan suatu kaum

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: